Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Objek WISATA GORONTALO yang Terbaik

Provinsi Gorontalo merupakan salah satu provinsi baru di Indonesia yang memiliki banyak potensi, termasuk potensi kelautan seperti pulau hingga taman bawah lautnya. Berikut ini kami lampirkan sejumlah Informasi Objek Wisata yanga bisa anda kunjungi saat berada di Gorontalo..


Untuk menuju Gorontalo dapat ditempuh melalui jalur darat menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi, atau juga melalui jalur udara dan juga laut.

1. Pantai Bolihutua

Pantai Bolihutua
Pantai Bolihutua

Pantai Bolihutua adalah sebuah pantai yang berpasir putih dengan pagar pohon pinus yang rindang serta menjulang tinggi. Pantai Bolihutua merupakan tempat wisata pantai yang paling terkenal yang ada di provinsi Gorontalo. Pantai ini selalu ramai pengunjung, dari lokal maupun mancanegara.
Mereka datang untuk menikmati keindahan pantai landai disepanjang teluk Tomini Pantai Bolihutua, yang dikenal dengan Pantai Boalemo Indah, karena lokasinya berada di Kabupaten Boalemo, 100 Km sebelah barat Kota Gorontalo.

2. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele
Taman Laut Olele

Perjalanan Anda yang melalui pesisir pantai Gorontalo akan membawa Anda pada sebuah pemandangan yang eksotik, laut yang biru dan tenang berada di kawasan Teluk Tomini yang kaya akan ikannya. Disini Anda dapat memuaskan diri bermain snorkling melihat eksotiknya pemandangan taman bawah laut.  Disinyalir Taman Laut Olele lebih alami di banding dengan taman laut lain yang ada di Indonesia. Taman Laut Olele berada di Desa Olele Kec. Kabila Bone ± 20 Km dari Kota Gorontalo.

3. Pulau Bitila

Pulau Bitila
Pulau Bitila

Pulau Batila merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata bahari oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Batila memang memiliki keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara. Pulau ini memang tak begitu luas namun mempunyai vegetasi yang kaya. Inilah yang membuat Pulau Bitila rimbun dan terasa sangat sejuk. Pasir putihnya yang lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Di sini, Anda dapat berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.

4. Benteng Danau Limboto Otanaha

Benteng Danau Limboto Otanaha
Benteng Danau Limboto Otanaha

Benteng danau Limboto Otanaha memiliki ciri khas arsitektur eropa, temboknya kokoh, pintu dan jendelanya tinggi. Benteng Danau Limboto Otanaha merupakan sebuah tempat wisata Gorontalo berupa bangunan sejarah peninggalan kolonial Belanda. Sampai saat ini tempat ini masih dijaga dan dilestarikan sebagai tempat wisata di Gorontalo. Benteng ini berlokasi di desa sebelah barat kota, daerah Dembe I, sekitar 8 Km dari kota Gorontalo.

5. Pentadio Resort - Danau Limboto

Pentadio Resort - Danau Limboto
Pentadio Resort - Danau Limboto

Pentadio Resort merupakan wisata yang sangat indah dan mempesona di tepian Danau Limboto. Di sini Anda bisa istirahat dan menghabiska waktu liburan selama di Gorontalo. Danau ini memiliki luas sekitar 14 hektar, terdapat sumber air panas dan sering dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Danau limboto yang berlokasi di kawasan Pentadio Resort selalu ramai akan pengunjung disetiap akhir pekannya.

6. Rumah Adat Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo
Rumah Adat Gorontalo

Di Gorontalo juga terdapat 2 jenis rumah adat, yaitu rumah adat Bandayo Poboide dan Dulohupa. Bentuk dari Bandayo Poboide dapat dilihat seperti rumah adat yang ada di depan Kantor Bupati Gorontalo, Jalan Jenderal Sudirman, Limboto. Sedangkan bentuk Dulohupa dapat dilihat bangunannya seperti balai desa di Kelurahan Limba U2, Kec. Kota Selatan, Gorontalo.

7. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote

Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote
Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote
Dilihat dari atas ketinggian, wisata tangga 2000 dan juga jejak kaki Lahilote ini, dapat Anda nikmati pemandangan indah danau Tomini. Merasakan semilir dinginnya angin yang menerpa pohon kelapa pada saat malam hari. Terdapat sebuah batu yang berukuran besar nampak seperti jejak kaki manusia, menurut cerita, “Lahilote” merupakan jejak kaki seorang pria menikah dengan seorang malaikat yang jatuh ke bumi.

8. Menara Mulia
Menara Mulia
Menara Mulia

Apabila Anda ingin menikmati suasana yang sedikit berbeda, Anda bisa mencoba menjelajahi pemandangan Danau Limboto yang indah. Anda bisa menaiki Menara Kemuliaan, melihat menggunakan teleskop dari ketinggian 60 meter. Di dalam Menara Mulia terdapat cindera mata yang diperlihatkan dan juga beberapa restoran dengan kuliner khas Gorontalo.

9. Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo
Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo memiliki pemandangan indah dan masih asri. Gorontalo juga memiliki wisata air terjun. Lokasi air terjun ini tak jauh, hanya sekitar 17 Km dari pusat kota Gorontalo, tepatnya di Desa Ayuhulalo, sekitar 8 Km dari Tilamuta. Kec. Tilamuta. Untuk menuju tempat wisata Air Terjun Ayuhulalo bisa ditempuh menggunakan kendaraan laut maupun darat.

10. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Dulu taman ini bernama Dumoga Bone adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai aneka ekologi langka. Secara geografi kawasan ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Anda akan dibuat takjub saat memasuki kawasan cagar alam ini. Terdapat berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).